Kamis, 22 Maret 2012

Species wasit sepakbola di Indonesia

 

Sepak bola sudah menjadi olahraga favorit di dunia, terutama di Eropa, dengan berbagai tim papan atas membuat semua pecinta sepak bola menjadi kecanduan. Hampir setiap orang mempunya tim favorit yang berbeda, tapi ketika tim mereka kalah, sudah tentu pemain atau pelatih yang jadi sasaran penyebab kekalahan. Tapi itu tidak berlaku di Indonesia, ketika tim favorit kalah, jelas sudah yang menjadi penyebab kekalahan adalah "Wasit".

  Ini dia beberapa Species Wasit di Indonesia menurut penerawangan gue.

1.Wasit Buta

    Wasit bisa di judge seperti ini ketika ada sebuah bola yang menyentuh tangan pemain di dalam daerah kotak terlarang, tapi sang wasit pun tidak mengambil keputusan apa-apa (gak pinalty gitu!). Dan biasanya kita yang lagi nonton bakal bilang "Wasitnya buta nih!!".


2.Wasit PMS (Sensitif)

    Wasit yang kaya gini biasanya ada di pertandingan yang tidak terlalu keras, tapi ketika ada satu saja pelanggaran, dia langsung mengeluarkan kartu Kuning, dan ketika ada yang keras sudah pasti kartu Merah. Padahal belum tentu jatuh nya karena kesengajaan para pemain, bisa saja karena kepleset bola atau hal-hal yang bersifat ketidaksengajaan dan tidak perlu mengeluarkan kartu. Tapi ketika kita melihat pertandingan seperti ini, biasanya kita akan langsung nyeplos "Wasitnya lagi PMS ya? Sensi banget".

3.Wasit Arogan

   Wasit yang kaya gini sebenernya agak jarang kita temukan, tapi terkadang masih ada aja wasit yang seperti ini. Kenapa di bilang arogan? gini maksudnya, wasit arogan itu biasanya akan melakakuan apa yang menurut dia benar tanpa peduli omongan orang. Maksudnya gimana? sebagai contoh kita ambil ketika Hakim garis telah memberi koda bahwa bola telah keluar lapangan, tapi justru wasit ini malah menganggap kode yang di berikan itu untuk sebuah pelanggaran. Loh itu kan salah paham? ya benar salah pahamn, tapi justru kita yang menonoton dari TV lebih melihat sebagai tindakan yang arogan ya walaupun pada dasar nya tuh wasit rada o'on sih, yaudah lah gitu pokoknya, jadi bingung sendiri.

4.Wasit Jawa

   Nah, kalau wasit yang satu ini biasa dia akan melangsungkan pertandingan dengan bijak, atau mungkin sok bijak. Kenapa? gini ya, biasanya wasit jenis ini akan menjalankan pertandingan dengan meminialisirkan jumlah pelanggaran. Ketika ada pelanggaran justru dia tidak menganggap itu sebuah pelanggaran, jadi di monggo di maafkan. Ketika bola yang menyentuh bola, wasit ini juga tidak atau pura-pura tidak melihat kejadian itu, jadi monggo di maafkan. Dan ketika sekali lagi ada bola yang harus menjadi tendangan penjuru atau corner kick, tapi wasit ini hanya menganggap itu sebagai tendangan gawang atau goal kick, jadi sekali lagi monggo di maafkan. Kita yang menonton di rumah jadi mempunyai kesan, "ini wasit nya orang jawa ya? kok baik banget?" Dan wasit itu pun akan dengan bijak memaafkan judge kita untuk dirinya. Mbo ya kalau ada wasit yang kaya gitu nggak usah di protes, monggo di maafkan saja lah.


Ya itulah beberapa species wasit yang ada di Indonesia. Biar gimana juga jalan nya suatu pertandingan ada di tangan wasit, katanya si gitu. Walaupun sampe sekarang gue cuma bisa menemukan peluit dan timer yang ada di tangan wasit. Kalau ada yang mau nambahin beberapa species wasit yuk monggo di tambahin!

source




0 komentar untuk artikel ini!:

Posting Komentar